-->

Submit Sitemap Blog Webmaster Tool Google Dengan Benar

Cara ini telah saya coba dan hasilnya sangat menggembirakan tentunya untuk membantu site atau blog anda di index google tentunya peran Submit Sitemap Blog sangat dianjurkan, kini saya postingkan. Submit Sitemap Blog Webmaster Tool Google merupakan salah satu sumber traffik terbesar bagi blog, karena search engine milik google sangat banyak sekali penggunanya di beberapa negara besar terutama negara indonesia juga yang menyukai google. Sehingga google lah yang paling terbaik untuk mendatangkan traffik blog. Tidak hanya disukai juga, mesin pencari google juga merupakan Search Engine nomor satu di dunia sehingga untuk bisa muncul di halaman utama pencariannya butuh usaha dan kerja keras.

Submit Sitemap Blog Webmaster Tool Google Dengan Benar

Google sangatlah baik kepada kita seorang blogger selain bekerja keras untuk mengisi informasi yang tepat dan bermanfaat google juga membantu kita untuk mempercepat pengindexkan blog atau artikel yang barusaja dipostingkan. Caranya kita harus mendaftarkan blog juga memverifikasi terlebih dulu ke Webmaster Tool Milik Google.

Setelah selesai melakukan pendaftaran dan memverifikasi kepemilikan blog pada webmaster tools, sebaiknya kita juga submit sitemap blog agar situs yang kita kelola lebih mudah di kenali dan di jelajahi oleh robot mesin pencari google. Sehingga kemungkinan artikel atau posting yang di miliki lebih mudah hadir pada hasil pencarian google. Perlu diketahui juga, mensubmitkan sitemap blog ke webmaster tool adalah salah satu trik seo yang paling baik untuk membuat blog menjadi lebih sempurna di mata google. Dan silahkan simak info bermanfaat ini tentang Submit Sitemap Blog Webmaster Tool Google Dengan Benar.

1. Pertama untuk melakukan submit sitemap blog dengan benar silahkan anda mendaftar atau login terlebih dahulu di Webmaster Tool Google

2. Setelah berhasil masuk pada akun Google Webmaster, klik url blog yang akan di optimasi.
3. Pada menu sebelah kiri dashboard klik Crawl kemudian pilih sitemap
4. Pada pojok kanan atas Klik ADD/TEST SITEMAP berwarna merah
5. Setelah itu anda akan melihat menu untuk submit peta situs, seperti gambar di bawah ini.
Submit Sitemap Blog Webmaster Tool Google Dengan Benar
Langkah submit Sitemap Blog ke webmaster tool google

Silahkan anda masukkan kode-kode di bawah ini pada kolom yang di sediakan
  • sitemap.xml
  • feeds/posts/default?orderby=updated
  • atom.xml
  1. Klik Test untuk memastikan apakah peta situs yang ingin kita kirim bermasalah (error) atau tidak. 
  2. Setelah peta situs yang kita ujicoba berhasil dirayapi dengan baik oleh robot google dalam artian tidak error, langkah selanjutnya klik Submit atau anda bisa langsung klik submit tanpa melakukan pengetesan terlebih dahulu.
  3. Maka anda akan melihat tampilan yang menyuruh anda untuk merefresh halaman, klik saja tulisan “refresh the page”. 

Catatan:

kode di atas bisa anda submit satu persatu atau satu saja cukup, tapi untuk hasil lebih baik silakan submit semuanya.

Sampai disini kita sudah sukses mengirim peta situs (sitemap) blog. Google akan menunda sementara waktu pengindex-an. Waktunya kurang lebih 24 jam sejak disubmit (didaftarkan). Namun dari pengalaman penulis, jika jumlah posting (artikel) blog masih sedikit (kurang dari seratus), waktu yang dibutuhkan paling lama hanya beberapa  jam.

Submit Sitemap Blog Webmaster Tool Google Dengan Benar

Jika jumlah posting atau atikel pada blog jumlahnya banyak sebaiknya anda submit sitemap menggunakan kode di bawah ini.

  • 1. Apabila jumlah posting/artikel blog kurang dari 500 namun jumlahnya sudah ratusan, anda bisa memakai kode berikut ini atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • 2. Apabila postingan blog lebih dari 500 dan dibawah 1000, masukkan dua kode berikut ini satu persatu atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dan atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000
  • 3. Apabila jumlah postingan blog Anda lebih dari 1000, gunakan kode di atas untuk setiap kelipatan 500 artikel. Caranya ganti star-index = 1 dengan jumlah max result+1

Dengan melakukan langkah-langkah di atas sekarang blog yang kita kelola jauh lebih SEO daripada sebelumnya. Tugas anda sebagai pengelola tinggal rajin-rajin melakukan posting artikel agar blog/web yang dikelola lebih sering dirayapi oleh mesin pencari. Dimana dengan semakin banyak dan sering situs kita di crawl semakin banyak pula kata kunci (keyword) mengarah pada situs milik kita. Sehingga peluang datangnya traffik juga semakin besar.

Sekian informasi tentang Submit Sitemap Blog Webmaster Tool Google Dengan Benar, semoga artikel ini bermanfaan untuk anda seorang blogger terimakasih telah berkunjung ke IdSiteBlog. Bila ada kesalahan yang hasur di perbaiki dari artikel ini ataupun ada pertanyaan bisa anda meninggalkan komentar pada kolom postingan komen dibawah.
Advertisement
Submit Sitemap Blog Webmaster Tool Google Dengan Benar